Jamsostek, Taspen, Asabri, Askes Bakal Dilebur

Pemerintah dan Komisi IX DPR akhirnya sepakat melebur 4 BUMN asuransi menjadi dua Badan Penyelenggara Jaminan Sosial (BPJS).
"Pembentukan dua BPJS yaitu BPJS Program Jaminan Kesehatan, Kecelakaan Kerja dan Kematian, dan BPJS Program Jaminan Pensiun dan Hari Tua telah disepakati dalam rapat Panja," tutur Ka.Biro Humas Kemenkeu Yudi Pramadi dalam siaran pers yang dikutip, Senin (13/6/2011).
Rapat Panja BPJS tersebut dilakukan pada 10 dan 11 Juni 2011. Rapat panja ketiga tersebut dipimpin oleh Ketua Panja RUU BPJS, Ferdiansyah, sementara dari Pemerintah diwakili oleh Sekretaris Jenderal Kementerian Keuangan, Mulia P. Nasution, yang didampingi oleh para pejabat eselon I dan eselon II dari 8 Kementerian.
"Dalam rapat tersebut telah disepakati untuk mencantumkan semua prinsip yang terdapat dalam UU Nomor 40 Tahun 2004 tentang Sistem Jaminan Sosial Nasional (UU SJSN) dalam konsideran ‘menimbang’ RUU BPJS," jelas Yudi.
Sedangkan mengenai organ BPJS disepakati organ terdiri dari Organ Pengawas dan Organ Pelaksana. Pemerintah diminta untuk menyiapkan uraian lebih rinci mengenai organ-organ ini untuk dibahas dalam rapat Panja berikutnya.
Dalam rapat tersebut, Pemerintah dan DPR juga sepakat untuk merumuskan bab mengenai Fungsi, Tugas, dan Wewenang.
Yudi mengatakan, pemerintah dan DPR sepakat untuk mencantumkan ketentuan mengenai peralihan 4 BUMN menjadi BPJS dan implikasinya.
"Menurut pendapat pemerintah, ketentuan peralihan yang berimplikasi pada transformasi PT Taspen, PT Asabri, PT Askes, dan PT Jamsostek harus dirumuskan dengan hati-hati dan memuat, pentahapan yang terukur dengan memperhitungkan implikasi terhadap aspek ketenagakerjaan, legal, dan perekonomian, termasuk fiskal," kata Yudi.
Untuk itu Pemerintah telah menyiapkan skenario peralihan program dari PT Jamsostek (Persero), PT Askes (Persero), PT Taspen (Persero), PT Asabri (Persero), serta peralihan program Jaminan Kesehatan Masyarakat, program Jaminan Kesehatan Daerah, kepada BPJS Program Jaminan Kesehatan, Kecelakaan Kerja dan Kematian, dan BPJS Program Jaminan Pensiun dan Hari Tua.
Substansi ketentuan peralihan ini akan dibahas lebih lanjut dalam rapat Panja berikutnya

(dnl/qom, from @detikfinance)

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s